Do the best and let God takes the rest

Sabtu, 29 September 2007

Karir di bidang informatika

Enam dari Sepuluh kekuatan pendatar dunia yang dikemukakan oleh Thomas Friedman dalam bukunya "The Wolrd is Flat" merupakan hal yang sangat fenomenal. Adalah WWW (HTML, Browser, Web-Based Application), Opensourcing (linux, blogging, wikipedia), Software Revolution (people collaboration, Workgroup), Informing (yahoo dan google), Outsourcing(India dan kekuatan IT-nya) dan Steroid (PDA, mobile apps) yang disebutkan oleh Friedman sebagai kekuatan pendatar dunia saat ini. Hal ini tentu dibuktikan dengan maraknya penggunaan internet saat ini yang telah menembus angka 1 milyar pengguna.

Ada 2 keunggulan skill yang menjadi trend Sumber Daya Manusia saat ini, yang harus dimiliki dan ditinggkatkan kualitasnya yaitu keunggulan Defacto dan Keunggulan Dejure. Keunggulan Defacto merupakan keunggulan dengan kreatifitas tinggi dan hasil kerja nyata yang diakui publik. Sedang keunggulan Dejure merupakan keunggulan dengan degree(tingkatan pendidikan), kompetensi dan sertifikasi internasional yang diakui secara formal oleh publik.

Kemajuan Ilmu pengetahuan dan Teknologi yang menuntut penggunaan teknologi mutakhir saat ini mendorong munculnya kebutuhan para spesialist dibidangnya untuk berbagai sektor bidang yang tengah maju pesat saat ini. Akan tetapi diprediksi, tahun 2010 ke atas, pasar kerja dunia akan didominasi oleh mereka yang versatilist, yaitu para spesialist dengan skill verbal(berbicara) yang mampu menawarkan produk ke pihak lain dengan baik, dan mereka-mereka yang memiliki Sumber Daya IT yang memiliki keunggulan defacto dan dejure.

Kemampuan versatilist lambat laun akan menjadi hal yang mesti dilakukan dan menjadi sebuah tuntutan seiring dengan perkembangan SDM IT ke depan. Mereka-mereka yang dengan kemampuan versatilist ke depan diyakini akan menguasai 40 % dari pasar tenaga kerja dunia. Demikian halnya dengan kemampuan defacto dan dejure, saat ini di Indonesia kebutuhan SDM IT mengarah pada kemampuan kompetensi dan degree(tingkat pendidikan) seseorang.

Ilmukomputer.com yang dirintis oleh Romi Satrio Wahono adalah salah satu contoh nyata bahwa perubahan bisa dilakukan oleh individu atau kelompok kecil (bukan lagi negara atau perusahaan besar). Bagaimana ilmukomputer.com telah menjadi salah satu trend sistem e-learning yang diakui secara luas oleh publik. Juga bahwa dengan hal tersebut, Romi Satrio menjadi sangat terkenal dengannya. Bahkan banyak pekerjaan atau proyek-proyek yang ditawarkan/dipercayakan kepada beliau karenanya.

Keunggulan defacto yang dilakukan oleh Google dan Yahoo.com juga merupakan bukti nyata yang diakui luas oleh public di bidang IT. Bagaimana banyak orang yang menjadikan google dan yahoo.com sebagai situs yang paling sering dikunjungi dan merupakan situs pencarian di dunia maya yang cukup handal saat ini. demikian juga dengan penggunaan sistem operasi Linux yang diusung oleh seorang Linus Torvals, yang kini menjadi sangat terkenal di dunia dan merupakan pesaing Bill Gates dengan Microsoft-nya.

Yang perlu diperhatikan bagi kita saat ini yang ingin berkarir di bidang IT seiring dengan majunya Teknologi Informasi dengan penggunaan Hardware, Software dan kemampuan SDM IT ke depan adalah meningkatkan kemampuan dan mendalami bidang yang digeluti. Karena kebanyakan dari orang kita (Indonesia) baik di bidang verbal (berbicara/presentasi) tapi sangat kurang di bidang Spesialist di bidang IT. Kebanyakan dari kita memang mengetahui banyak hal, tapi hanya sebatas kuliat luarnya saja, sangat sedikit yang mendalami bahkan menjadi ahli/pakar/specialist di bidangnya.

Demikian produk-produk dan perkembangan IT dapat menjadikan sebuah negara selangkah lebih maju dan meningkatkan kehidupan orang banyak. India merupakan sebuah contoh yang menjadikan negaranya maju di bidang IT. Banyak profesional dan pakar yang dihasilkan dari negeri yang terkenal tingkat penduduk miskinnya masih sangat banyak. Memang penggunaan Teknologi Informasi haruslah diarahkan untuk tujuan yang positif dan bermanfaat bagi diri dan orang banyak. Bagaimana mudahnya kita mengakses informasi dari internet adalah salah satu contoh nyata. Akan tetapi penggunaan Teknologi Informasi juga bisa berdampak buruk dan negatif dalam kehidupan masyarakat kita. Pencurian data oleh cracker/hacker, juga maraknya situs-situs porno di Internet merupakan sisi hitam dari penggunaan Teknologi Informasi saat ini. Adalah tugas kita semua yang berkecimpung di dunia IT, bagaimana kita dapat meningkatkan berbagai kemampuan kita di bidang IT yang kedepannya dapat bukan hanya bermanfaat bagi diri kita, akan tetapi juga bermanfaat bagi orang-orang disekitar kita, orang banyak, negeri kita, bahkan dunia....

0 komentar: