Do the best and let God takes the rest

Sabtu, 29 September 2007

E\P For CEP using

Complex Event Processing atau CEP bisa dilihat di wikipedia, singkatnya adalah sebuah proses untuk mengidentifikasi sesuatu pada sebuah event yang kompleks. Untuk mengidentifikasi event yang kompleks ini salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Event Stream Processing atau ESP.
Lalu bagaimana implementasinya di dunia nyata?
Anak IF pasti sudah mengenal namanya data mining bukan?
Kalau datamining salah satu fungsi utamanya adalah mengenali trend sebuah data dari sebuah datawarehouse.
Maka ESP ini mengenali sebuah trend dengan menggunakan data yang realtime.
Karena sifatnya stream, maka tidak perlu ada data yang disimpan dalam datawarehouse atau semacamnya.
inilah nilai lebih bagi ESP dibandingkan datamining, karena di telekomunikasi, data CDR bisa mencapai hitungan tera bytes per bulan dan bisa bertambah seiring dengan pertumbuhan pelanggannya.
ambil contoh di dunia telekomunikasi di kenal namanya CDR (Call Detail Record) yang mencatat informasi mengenai call dari user. dari CDR ini bisa dilakukan CEP untuk menganalisis kelakuan dari konsumen.
Dalam CDR terdapat sebuah aktivitas pengiriman sms dalam jumlah besar ke satu pelanggan dan juga terdapat call yang dilakukan di tengah malam. Maka secara EVP tanpa harus menunggu semua data terkumpul, sudah bisa dikenali bahwa terdapat pelanggan yang sedang berulang tahun. (sebenarnya bisa saja seh dengan melihat sms nya heuhuehue, tapi ini bertentangan dengan kebijaksanaan) .
salah satu tool yang support ESP ini adalah Streambase, bisa didownload dan dijalankan sebagai trial 3 bulan.
saat ini salah satu perusahaan telekomunikasi seluler bagian IT Development sedang mempelajari produk ini sebagai salah satu alternatif tool dari datamining yang membutuhkan cost pada storage.
Artikel mengenai streambase bisa di dapat di sini, sana dan situ.
semoga bisa menjadi tambahan jargon buat temen-temen yang mempopulerkan datamining. sekalian bisa jadi bahan TA.

0 komentar: